Anda Pengunjung ke-

Thursday, March 6, 2008

5. Perkembangan Harga

Harga kakao merupakan aspek yang kompleks, karena banyak faktor yang saling memengaruhi terbentuknya harga. Selama ini, faktor pasokan (supply) kakao relatif paling berpengaruh terhadap terbentuknya tingkat harga di samping faktor permintaan (demand). Penyebabnya, beberapa kontrak pembelian, pengiriman dan tingkat harga sudah disetujui selama 1 tahun yang akan datang sehingga jika pada tahun yang bersangkutan mengalami penurunan akibat faktor iklim, hama, penyakit, atau pergolakan politik, eksportir akan panik jika tidak mampu memenuhi volume kontraknya.

Cara yang paling mudah untuk memperkirakan tingkat harga yang akan terjadi pada tahun mendatang adalah berdasarkan data stok kakao pada akhir tahun kakao. Umumnya, jumlah stok yang melimpah akan menekan harga (eksportir merasa aman karena cadangan cukup). Demikian juga jika jumlah stok terbatas, harga cenderung terdorong naik.

Untuk jangkan panjang, produksi kakao dunia diramalkan akan terus meningkat karena negara-negara produsen utama kakao cenderung terus memperluas area kakaonya. Dalam kondisi seperti di atas, konsumen sebagai penentu harga akan memilih kakao bermutu tinggi dengan harga murah.

No comments: