Anda Pengunjung ke-

Sunday, March 9, 2008

1. Kesesuaian Lahan Kakao

Kakao merupakan tanaman tahunan yang memerlukan lingkungan khusus untuk dapat berproduksi secara baik. Lingkungan alami kakao adalah hutan hujan tropis. Di daerah itu suhu udara tahunan tinggi dengan variasi kecil, curah hujan tahunan tinggi dengan musim kemarau pendek, kelembapan udara tinggi, dan intensitas cahaya matahari rendah (Muray, 1975).
Kakao saat ini bukan hanya tanaman perkebunan besar tetapi telah menjadi tanaman rakyat. Di Indonesia, menurut data statistik tahun 2002, luas area kakao telah mencapai lebih dari 777.900 hektar. Kakao tersebut tersebar dalam lahan yang beragam dan tingkat produktivitasnya juga sangat beragam.
Seperti tanaman pertanian lainnya, kakao dapat berproduksi tinggi dan menguntungkan jika diusahakan pada lingkungan yang sesuai. Faktor lingkungan mempunyai andil yang cukup besar dalam mendukung tingkat produktivitas kakao.Pada bagian ini akan di uraikan tentang tata cara menilai lahan dalam kaitannya dengan pemanfaatannya untuk pertanaman kakao, sehingga dalam berusaha tani salah satu faktor penentu keberhasilan dapat diketahui lebih awal dan dapat dilakukan antisipasi pemanfaatan lahan untuk kakao.
(Sumber : Panduan Budidaya Tanaman Kakao, 2006)

No comments: