Anda Pengunjung ke-

Sunday, April 20, 2008

2. Erosi dan Dampaknya terhadap Tanaman

Erosi didefinisikan sebagai pemindahan atau pengangkutan tanah dari suatu tempat ke tempat lain yang lebih rendah melalui media air atau angin. Di daerah tropis basah, media penyebab umum erosi adalah air. Erosi dianggap sebagai penyebab kerusakan tanah yang utama karena melalui proses ini kerusakan tanah dapat terjadi dalam waktu yang relatif singkat, bergantung pada besar dan kekuatan media pengangkut tanah.

Erosi yang terjadi di areal pertanian dapat menyebabkan hilangnya lapisan tanah permukaan yang subur dan diganti dengan munculnya lapisan tanah bawah yang relatif kurang subur. Kurang suburnya tanah di lapisan bawah disebabkan tanah lebih mampat, kadar bahan organik sangat rendah, hara tanah yang berasal dari hasil penguraian seresah tanaman rendah, struktur tanah memiliki imbangan porositas lebih buruk, dan sifat-sifat lain dengan daya dukung yang lebih rendah terhadap pertumbuhan tanaman. Karena itu, erosi dianggap faktor penyebab utama degradasi lahan pertanian di daerah tropika basah.

Akibat erosi, daya dukung tanah terhadap pertumbuhan tanaman menjadi merosot. Pertumbuhan tanaman terhambat, produksi merosot, serta respon tanaman terhadap pemupukan berkurang sehingga tidak ada lagi produk yang dapat diharapkan dari pertanaman.

Sumber : Panduan Budidaya Tanaman Kakao, 2006


No comments: